Hujan meteor Quadrantid sangat jarang dan sulit diprediksi. Kesempatan terbesar untuk melihat hujan meteor Quadrantid dalam jumlah besar akan terjadi pada 3 Januari 2009 sebelum matahari terbit.

Sekali dalam tiga tahun, berdasarkan perubahan rotasi bulan dan posisi relatifnya terhadap bumi merupakan puncak hujan meteor. Tetapi astronom mengatakan, pada 2009 kondisi untuk melihat keajaiban hujan meteor akan sangat ideal.

Menurut perhitungan International Meteor Organization, pengamat yang beruntung dapat melihat satu hingga dua meteor tiap menit beberapa jam sebelum matahari terbit pada 3 Januari.

Ilmuwan mengatakan meskipun kondisinya kurang mendukung, 15 hingga 30 pancaran meteor bisa dilihat di angkasa. Waktu yang direkomendasikan untuk melihat adalah sebelum matahari bersinar karena intensitasnya paling tinggi. [ito]

sumber : inilah.com

Artikel yang berhubungan :



2 komentar:

Anonymous said...

kalo pingin liat dimana yaaaaaaa?
bisa liat dengan kasat mata nggak sich?

Anonymous said...

Terus terang kemarin saya nggak sempat liat. Tapi waktu kecil dulu, saya pernah liat ke langit malam2 banyak bintang bergerak, persis seperti uraian di atas, mungkin saat itu juga sedang terjadi hujan meteor.

Kalau pas langit cerah, ya tinggal liat aja ke atas, pake mata telanjang juga bisa. Tunggu semenit dua menit, insya Allah (kalo memang sudah rejekinya :-)) ntar ada meteor melintas.

Post a Comment