Setelah sekian lama mengembara di dunia maya dan berapa kali trial and error, akhirnya saya menemukan tips yang jitu untuk membelah posting dan menampilkan pesan "Baca selengkapnya..." atau "read more..." atau sejenisnya.

Sebagai blogger pemula, saya juga ingin berbagi tips ini kepada anda :

1. Buka menu Layout kemudian pilih Edit HTML.

2. Kasih tanda cek (centang) pada cekbox "expand widget template"

3. Cari kode berikut di Template blog anda  :

(caranya : tekan ctrl+F dan akan muncul menu Find, kemudian masukkan kode yang akan anda cari)


<div class='post-body entry-content'>

<p><data:post.body/></p>



4. Kalau sudah ketemu, Ganti kode tersebut menjadi seperti ini :


<div class='post-body entry-content'>

<b:if cond='data:blog.pageType == "item"'>
<style>.fullpost{display:inline;}</style>
<p><data:post.body/></p>
<b:else/>
<style>.fullpost{display:none;}</style>


<p><data:post.body/></p>

<a expr:href='data:post.url'>Read More......</a>
</b:if>


Tulisan "Read More....." itu bisa anda ubah, misalnya jadi "Baca Selengkapnya...", atau lainnya.

5. Simpan hasil pengeditan.
6. Kemudian pilih menu
Setting lalu pilih Formatting
7. Pada kotak Post Template isikan kode berikut:


<span class="fullpost">


</span>


8. Kemudian Simpan.
9. Ketika memposting, klik EDIT HTML. Maka, secara otomatis akan tampak kode seperti berikut :


<span class="fullpost">


</span>


10. Letakkan abstrak posting atau artikel yang akan ditampilkan dihalama utama (sebelum tulisan "Redmore...") di atas kode ini :

<span class="fullpost
">

sementara sisanya yaitu keseluruhan posting letakkan di antara kode :

<span class="fullpost">

dan

</span>

11. Selesai

Selamat Mencoba...

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

** Special thank's to Mas Kendhin






Artikel yang berhubungan :



28 komentar:

monocotil said...

saya sudah coba dan berhasil, tapi masalahnya; memang tulisannya jadi terpotong, tapi gambar yang diinsert di dalam tulisan tetap muncul di bawah tulisan baca selengkapnya. Jadi kalau kita memasukkan 10 gambar atau lebih, semuanya tetap kelihatan di bawahnya, gimana ya solusinya, thanks before...

Iwan Supriyadi said...

bro mantap benar blogger ente. ane mau minta cara perlebar gambar diatas kotak posting gimana caranya. terimaksih banyak

Giri Septiaji said...

kok pas saya cari kode pertama, gak ketemu ya???

rizky tanjung said...

thanks ya gan..berhasil.

jaya said...

thanks banget infonya bos, sangat membantu..

Rasyidharry said...

Kalo cara ngeganti warna tulisan "read more" nya gimana tuh?



www.movfreak.co.cc

Unknown said...

terima kasih tutornya sudah saya coba dan berhasil.
tapi kok! kotak postingannya jadi kelihatan kosong ya...
tolong bantuannya mas roni336..
kirim aja ke email ini michut.ramadhan@gmail.com

saya banyak-banyak berterima kasih sama mas Roni336

Rahmat Zuaidi said...

kode yang pertama tu kok gk dapat ya??
mohon bantuannya dong mas..

kirem aja ke email ini, rahmat.zuiadi@yahoo.com

Unknown said...

Terima kasih Pa' saya udah coba dan berhasil..

Tridentcellcom said...

Terimakasih kodenya..aku dah nyari mpe capek,,banyak kode yang gak masuk ke htmlku,,tapi pake kode yang ini masuk :D and bisa kepakai..

andicoro said...

wah thanks yah buat pencerahaannya..,berhasil mas

Erien Nada Azandra said...

thanks banget mas.....

adam cakep said...

oke makasih banyak bos atas informasiny

Hakim said...

gak ada kode yang gan kasih mana ne ya gan...
tlong bntu saya ya gan...
klw smpat bls ke alamat email ini ya gan...
hakim_misen02@yahoo.com

Seven Qonita.com said...

artikelnya bgus bangettt........

hallo aku mmg yg paling dtng trkhir tp pling ribet sm sperti hakim gw jg gk nemuin kode yg diksh tu mnt tlong donk bantuannya mas roni336......

klo bisa mnt tlong krim ke sevenqonita@yahoo.co.id
thanks ya for ur attention n kesediaannya ..........

Anonymous said...

Thanks sob atas infonya..

Abu zaid said...

oke makasih banyak bos atas informasiny

Anonymous said...

thannkss bangett ah,,nggak kacau lagii...hehehe

Ruang Nongkrong-Q said...

tapi punyaQ g berhasil.... thu napa eaa.......

RiPe said...

gan,,punya q koq gak bisa ya??

danangtj said...

ribet gan

Via Handcraft Yogyakarta UMKM said...

duh,. kok code prtama yg disuruh cari g ad ya ? trs ak harus paste dmn ini ?
mohon dibantu . trima kasih sblomnya


starly12@ymail.com

Nur Muhammad Naufaldo said...

Itu kalau di klik Read More.... Kok Double ya ?
Maksudnya tulisan yang singkat berada pada post yang keseleruhan. Jadinya ada 2 Postnya. Tolong bantuanyya

rakhmat hidayat said...

aku cari menu setting-->formatting
belum ketemu...
kalo versi bhs indonesia-nya apa ya?
setelah....trus apa???

Copy Paste said...

thnx sob
mampir ya http://copypaste-artikel.blogspot.com/

Unknown said...

kan udah gk ada expend widhged itu gimana ?....

glow enhanz said...

wahh.. mantap gan, saya lagi bingung juga nih, stsaya coba praktekin dah gan!
salam kenal yaa.. mampir juga ke blog saya ya gan :)

cara membuat blog said...

Makasih akhirnya saya nemu juga artikel ini

Post a Comment