TOKYO - Penggunaan internet di ponsel mulai menjangkiti anak-anak dan membuat ketergantungan layaknya narkoba. Hal tersebut mengkhawatirkan pemerintah Jepang.

Pemerintah Jepang khawatir anak-anak di Jepang, usia SD dan SMP, akan terperosok pada perbuatan kriminal di dunia maya, menghabiskan waktu berjam-jam hanya berkutat dengan email. Hal inilah yang kemudian dikhawatirkan akan membuat anak-anak addicted dengan ponsel.

Akhirnya pemerintah Jepang memutuskan untuk membuat program yang membatasi penggunaan internet di ponsel oleh anak-anak. Program ini ditujukan bagi orang tua dan pihak sekolah untuk menjalankan pembatasan penggunaan internet.

"Di Jepang, ponsel dianggap sebagai mainan yang mahal bagi anak-anak. Namun orang tua tetap memberikan ponsel kepada anak-anak mereka tanpa memberikan pengetahuan yang cukup akan batasan penggunaannya," ujar juru bicara pemerintah Jepang Masaharu Kuba, seperti dilansir melalui Associated Press, Selasa (27/5/2008).

Usulan ini dilontarkan oleh pihak kementerian pendidikan Jepang dan akan disetujui oleh Perdana Menteri Jepang Yasuo Fukuda pada akhir minggu ini. Usulan ini juga disertakan dengan permohonan pemerintah kepada vendor-vendor ponsel di Jepang untuk mulai memproduksi ponsel yang hanya memiliki fungsi menelepon dan GPS untuk mendukung pengurangan ketergantungan internet di ponsel secara bertahap.

Sekira sepertiga anak-anak kelas enam sekolah dasar di Jepang diprediksi memiliki ponsel. Sedangkan anak SMP di Jepang hampir 60 persennya memiliki ponsel. Kebanyakan ponsel yang dimiliki oleh anak-anak Jepang adalah ponsel berkemampuan 3G.

Mayoritas anak-anak tersebut menghabiskan waktu berjam-jam untuk surfing internet di Berita Terkait:
Dua Kartu, Satu Handset
My-G Banjiri Pasar Dengan Ponsel Lokal
Ponsel Bergaransi Kini Masuk Asuransi
Cari Titik Lemah Musuh, Unggulkan Dualmode dan TV
Penjualan Ponsel Global Naik 13,6%
ponsel. Bahkan beberapa anak diduga menjadi target kejahatan internet. (srn)[okezone]

Artikel yang berhubungan :



1 komentar:

Anonymous said...

thank's gan infonya !!!!

www.bisnistiket.co.id

Post a Comment